{facebook#https://www.facebook.com/tjari.tjari.102} {twitter#https://twitter.com/tjaritjariID} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}


Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami sakit pada sendi, misalnya di leher, lutut, atau punggung, mungkin Anda pernah mendengar jenis pengobatan fisioterapi, chiropractor, atau osteopati.

Mungkin yang belum tahu akan berusaha mencari tahu dan tak akan mengalami masalah degan kketidak-tahuannya. Tetapi, untuk yang sedikit tahu tentang ketiganya, saya menebak bahwa mereka pasti akan kebingungan. Karena saya juga mengalami hal yang sama.

Oke, untuk ketiganya, berikut ada petunjuk yang diambil dari situs abc.net.au yang telah mewawancarai para ahli di bidangnya dan mungkin bisa berguna.

FISIOTERAPI


Fisioterapis lebih spesialis pada diagnosis, manajemen, serta pencegahan terhadap gangguan gerak.

Tujuan dari fisioterapi yakni untuk merehabilitasi dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam bergerak dan fungsinya. Physios atau fisio (terapis dari fisoterpi) menggunakan keahlian mereka dalam anatomi dan fisiologi untuk mendiagnosis dan mengambil tindakan terhadap seseorang dengan beberbagai gangguan kesehatan.

Physios akan menggunakan kombinasi terapi manual, pelatihan pergerakan dan fisik, serta elektro-fisik. Menurut the Australian Physiotherapy Association (Asosiasi Fisioterapi Australia), seorang Phisios akan "membantu memperbaiki kerusakan, mengurangi kekakuan dan nyeri, meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup".

Fisioterapi merupakan ilmu kesehatan klinis yang berbasis pada penelitian, di mana para praktisinya diharuskan telah melakukan perawatan jika perawatan tersebut telah terbukti efektif dalam sebuah penelitian ilmiah. Menurut Dr. Andrew Leaver, Dosen Senior Fisioterapi Universitas Sydney, praktik berbasi penelitian ilmiah menjadi patokan di mana tidak ada lagi "proporsi hitam dan putih" atau penghilangan keraguan.

"True evidence-based practice is using the best available evidence that you have, and the best available evidence for any intervention is sometimes not that good," Dr Leaver said.

"Kami tidak memiliki uji klinis kuat yang membuktikan keampuhan setiap hal yang kami lakukan, tetapi profesi lain juga tidak. Banyak obat tidak didukung oleh percobaan yang kuat dan acak".

Dr Leaver mengatakan physios menggunakan bukti terbaik yang tersedia, menerapkan "penalaran dan pertimbangan klinis " serta memperhitungkan kebutuhan individu pasien.

Sebagai bagian dari fisioterapi, dokter sering meresepkan program latihan pribadi yang disesuaikan dengan pasien untuk memenuhi kebutuhan spesifik tubuh.

Di Australian sendiri, tidak memerlukan banyak biaya untuk mengunjungi fisioterapis di rumah sakit umum (rujukan GP diperlukan untuk kunjungan rawat jalan) tetapi daftar tunggunya bisa selama beberapa bulan, dengan jumlah kunjungan yang mungkin terbatas, dan layanan yang lebih sedikit untuk daerah perdesaan.

Untuk physios pribadi, tidak ada rujukan yang diperlukan. Hanya saja, untuk konsultasi awal mungkin biaya sekitar $80.

Di Australia, fisioterapi harus menyelesaikan pendidikan minimum gelar sarjana (biasanya empat tahun) dalam fisioterapi, namun banyak physios berlatih pada master atau doktor profesional.

Semua fisioterapis pun harus terdaftar di Badan Registrasi Praktisi Kesehatan Australia.
[next]

Chiropractic


Fokus utama Chiropractors 'adalah diagnosis, koreksi, dan pencegahan gangguan sistem muskuloskeletal (tulang belakang, panggul, otot, ligamen dan sendi).

Chiropractic hampir selalu dikaitkan dengan tulang belakang dan manipulasi tulang leher, tetapi melibatkan kombinasi dari tangan dalam perawatan, modalitas terapi fisik (ultrasound), dan olahraga.

Meskipun popularitas chiropractic ini bergelombang, tapi manfaat yang telah terbukti cukup terbatas. Satu-satunya yang benar-benar kuat, yaitu bukti sering dikutip, yakni untuk nyeri punggung bawah - sementara review dari manipulasi tulang belakang memang bisa meringankan sakit punggung, tetapi itu tidak lebih efektif daripada terapi umum lainnya, seperti terapi latihan.

Ketika datang untuk kembali sakit, namun, Dr Leaver mengatakan kritik yang sama ini bisa ditujukan pada fisioterapi dan osteopati, mengingat mobilisasi dan manipulasi teknik yang sama yang digunakan ketiga disiplin ilmu kesehatan.

Dalam beberapa kesempatan, profesi chiropractic muncul dengan promosi yang bergelora serta tentang pelatihan terapi dasarnya, namun praktik terbut belum diuji secara ilmiah dan ketat.

Beberapa ahli tulang pun mengklaim "mampu mengobati" kondisi non-musculoskeletal, seperti kolik infantil, mengompol, asma, ADHD, gangguan spektrum autistik, periode sakit, infeksi telinga, dan tekanan darah tinggi, tetapi tidak ada bukti untuk mendukung klaim ini.

Menanggapi hal itu, kritikus berpendapat klaim tersebut memiliki potensi untuk menjadi sangat menyesatkan.

Gagasan bahwa penyesuaian tulang belakang dapat meningkatkan atau memperbaiki sejumlah kondisi kesehatan didasarkan pada keyakinan yang dipegang oleh beberapa ahli tulang terkait misalignments (atau "subluxations") di tulang belakang dapat mengganggu fungsi sistem saraf dan menjadi sumber semua jenis penyakit manusia.

Dengan menempatkan dan "mengoreksi" misalignments ini, beberapa ahli tulang percaya bahwa mereka dapat membuka blokir aliran saraf itu sehingga dapat menghilangkan penyakit, infeksi, juga penyakit masa kanak-kanak.

Namun demikian, premis itu tidak cocok dalam pemahaman ilmiah tentang penyakit (atau bagaimana memberantas penyakit itu).

Hal ini penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa banyak ahli tulang menolak pendekatan ini.

"Semakin banyak ahli tulang berbasis bukti yang benar-benar membatasi ruang lingkup mereka praktik dengan kondisi otot-skeletal dan mengkhususkan diri dalam tulang belakang," kata Dr Leaver.

Profesi chiropractic juga telah menarik kritik untuk promosi pandangan anti-vaksinasi, dan baru tahun lalu, The Royal Australian College of Dokter Umum berkecil Fellows yang mengacu pada ahli tulang.

Chiros bekerja di praktek swasta dan tidak memerlukan rujukan. Tarif yang dikenakan $100 pada rata-rata untuk konsultasi awal dan antara $60 - $80 untuk konsultasi berikutnya.

Sebuah gelar chiropractic membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikan dan praktisi diatur oleh Dewan Chiropractic Australia, yang merupakan bagian dari Badan Registrasi Praktisi Kesehatan Australia.
[next]

Osteopati


Osteopati bekerja pada premis bahwa postur, cedera, atau pola gaya hidup negatif struktur anatomi kompromi dan menyebabkan kesehatan yang buruk. Sebagai praktisi, mereka melihat hubungan antara struktur tubuh dan cara dalam fungsi.

Menurut Osteopati Australia, praktisi "berfokus pada bagaimana kerangka, sendi, otot, saraf, sirkulasi, jaringan ikat dan organ berfungsi sebagai unit holistik".

Misalnya, jika Anda melihat osteo untuk sakit lutut, mereka mungkin juga kita lihat pergelangan kaki Anda, panggul, dan punggung. Praktisi mungkin juga bertanya tentang riwayat kesehatan Anda, serta faktor-faktor yang tidak muncul secara langsung berhubungan dengan cedera Anda saat ini.

Seperti physios dan chiros, osteos mendiagnosa dan mengobati cedera menggunakan non-invasif teknik, manual; ortopedi dan neurologis pengujian, manipulasi jaringan lunak, pijat, peregangan otot dan penyesuaian tulang belakang. Mereka juga dapat merekomendasikan latihan dan modifikasi diet.

Mirip dengan chiropractic, manfaat terbukti osteopati adalah cukup terbatas; ada penelitian berkualitas tinggi langka menyelidiki efektivitas pendekatan "holistik".

Ada beberapa bukti untuk perlakuan terhadap nyeri punggung bawah, biasanya melalui manipulasi tulang belakang dan teknik manual, tetapi manfaat tampak sederhana.

"Dengan sakit punggung, salah satu hal yang stres adalah bahwa kita tidak memiliki obat untuk itu - tidak ada yang tidak," kata Dr Leaver.

"Sebuah osteopati baik akan bekerja di bawah paradigma berbasis bukti dan menggunakan intervensi atas dasar khasiat terbukti mereka."

Pasien dari osteopati umum termasuk orang-orang dengan sakit punggung dan leher, linu panggul, sakit kepala, nyeri sendi, kerja-terkait dan cedera regangan berulang dan cedera yang berhubungan dengan olahraga.

Osteopati bekerja di praktek swasta dan tidak memerlukan rujukan. Mereka biasanya biaya $ 100 untuk konsultasi awal, yang kemungkinan akan berlangsung antara 40 dan 60 menit.

Gelar osteopati membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikan, dan praktisi harus terdaftar oleh hukum dengan Badan Registrasi Praktisi Kesehatan Australia.

Post a Comment

Powered by Blogger.