{facebook#https://www.facebook.com/tjari.tjari.102} {twitter#https://twitter.com/tjaritjariID} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}


Ilusi optik ada di mana-mana; apakah itu bercak wajah dalam pola, gaun biru dan hitam, atau berdebat dengan pasangan Anda tentang ikon gambar kelinci / bebek.

Ada sebuah ilusi yang menakjubkan yang akan mengelabui otak anda berpikir bahwa ada lubang di tengah-tengah tangan Anda - dan semua yang Anda butuhkan hanyalah selembar kertas.

Vanessa Hill, pendiri saluran Otak Craft YouTube, membukukan panduan video yang menunjukkan bagaimana melakukannya.

Dia juga menjelaskan mengapa otak Anda bisa tertipu. Baca petunjuk di bawah atau menonton video untuk mengetahui lebih lanjut.


Cara membuat ilusi optik ini

1. Ambil selembar kertas dan gulung kertas tersebut sehingga berbentuk tabung. Pastikan lubang yang terbentuk dari kertas yang digulung tersebut sempit.

2. Cobala lihat melalui lubang di tengah tabung tadi untuk beberapa waktu.

3. Tempatkan tangan Anda yang lain di samping tabung kertas yang lubang di tengahnya sedang Anda lihat. Dekatkan sekitar 2 inci (5 cm) dari wajah Anda.

4. Perlahan, jauhkan tangan (yang diletakkan di depan wajah) Anda dalam jarak tertentu dan tetap melihat ke arah tertentu melalui tabung. Tetap fokuskan penglihatan Anda dari lubang tabung.

5. Tunggu minimal 10 detik - dan lihat lah! Jika berhasil penggabungan dua visi Anda akan membentuk satu bidang yang seolah-olah tangan Anda memiliki lubang.



Mengapa hal ini terjadi?

Vanessa menjelaskan bahwa dua gambar yang berbeda sedang ditampilkan untuk masing-masing mata Anda.

Sebagai otak kita tidak bisa menggabungkan dua gambar, mereka menekan gambar dalam satu mata dan lainnya menjadi lebih dominan.

Fenomena ini dikenal sebagai 'persaingan teropong' (binocular rivalry).

Post a Comment

Powered by Blogger.