{facebook#https://www.facebook.com/tjari.tjari.102} {twitter#https://twitter.com/tjaritjariID} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}


Menyandang tim underdog atau tim yang tidak diunggulkan, Arsenal siap menjamu tim yang dijuluki tim nomor satu di kolong langit, Barcelona dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Emirates Stadium, London, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB.

Bermain di kandang sendiri Arsenal memang mendapat banyak tekanan dari publik yang mendukungnya, akan tetapi, menyandang sebagai tim underdong, Arsenal justru akan lebih leluasa dalam memainkan pertandingan dini hari nanti.

Hampir seluruh prediksi mengatakan bahwa Arsenal belum sanggup untuk menaklukkan raksasa Catalan dan akan menelan kekalahan. Apalagi trio MSN Barcelona saat ini sedang dalam performa yang sangat ciamik. Dari seluruh prediksi tersebut bahkan ada yang mengibaratkan "Arsenal ingin mencuri api dari gunung kemehawan dan kemegahan yang dibangun secara semesta oleh kubu Catalan".

Yup, tidak juga agak berlebihan memang, sebab di atas kertas The Gunners kalah dari Barcelona. Arsenal pun memang mau tidak mau harus siap menjamu dan menunjukkan semangat perlawanan kepada Barcelona, yang akan ditayangkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta, RCTI.

Sang Profesor, Arsene Wenger memang sudah memberi komando kepada penggawa Arsenal untuk merapatkan lini pertahanan guna menghadang serangan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN) yang dikenal memiliki momok menakutkan di depan gawang lawan.

Trio MSN mengoleksi 58 gol atau 87 persen dari 67 gol yang sudah dibukukan Barca dalam 25 laga di Liga Spanyol (La Liga) musim kompetisi 2015/16.

Sang Profesur sejatinya harus menggunakan "kesempatan demi kesempatan" berbuah manis sebagai kemenangan di hadapan publik Emirates. Demi hal tersebut, ia sudah menyoroti ketiga penyerang Barcelona tersebut. Menurutnya, komposisi penyerang Barcelona yang dimotori Messi, bukan tidak mungkin untuk diredam.

Optimisme tersebut muncul setelah merujuk pada 13 laga kandang terakhir Arsenal menghadapi tim-tim asal La Liga. Rekor kandang The Gunners saat menjamu tim Spanyol mencatatkan delapan kemenangan, tiga kali imbang, dan hanya dua kali kalah. Ini menjadi pertanda baik bagi Arsenal untuk menyusup di antara gunung kemegahan Barcelona.

"Tidak ada tim yang sempurna. Barcelona juga tidak jauh dari hal itu," kata Wenger, dikutip Eurosport.

Hal lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan mental para penggawa Arsenal adalah "tuah gawang Petr Chech".

Lionel Messi yang selalu menjadi momok menakutkan bagi lini bertahan lawan bukanlah tak bercacat. Buktinya, pemain yang sudah mengukir 301 gol untuk Barcelona tersebut, berdasarkan data yang ada, tidak pernah sanggup membobol gawang Petr Cech.

Menurut catatan Opta, Messi belum sekalipun merobek gawang Cech sepanjang karier profesionalnya. Pertemuan terakhir Messi dan Cech terjadi di leg kedua semifinal Liga Champions musim 2011/12.

Ketika itu, Messi tak mampu merobek gawang Cech semasa sang kiper masih memperkuat Chelsea. Di pertandingan itu, La Pulga bahkan membuang momentum mencetak gol melalui eksekusi penalti.

Dengan tuah itulah, Arsene Wenger berharap rekor impresif Petr Cech atas Lionel Messi akan mampu meredam tombak-tombak Barcelona.

"Kami memiliki pertahanan dan penjaga gawang yang bagus untuk menghentikan Barcelona," kata Wenger dalam konferensi pers, Senin (22/2/2016) dilansir Sports.

"Saya berharap rekor itu memberi Cech kepercayaan diri dan membuatnya lebih tenang. Saya juga berharap Messi akan mendapat kesulitan dan sejarah akan berpihak untuk kami dan melawan Messi," tutur Sang Profesor.

Secara pribadi, Wenger kagum atas penyerang yang dimiliki Barcelona dan belum pernah melihat pemain dengan rekor seperti Messi.

"Mereka adalah (pasukan tempur di dunia) yang paling efisien. Messi mencetak 301 gol dalam 340 pertandingan, saya telah melihat banyak striker dalam hidup saya, tetapi saya belum pernah melihat catatan seperti itu. Mereka penyerang top," tuturnya.

"Barcelona menjadi tim superfavorit, tapi tak ada tim yang tak bisa dikalahkan. Saya paham, secara individual trio Messi, Luis Suarez, dan Neymar memiliki bakat yang luar biasa. Satu-satunya cara kami bisa mengalahkan mereka adalah bermain kolektif, ulet, soliditas yang besar, cerdas, dan jangan lupa bahwa kami memiliki rekor pertahanan dan kiper yang baik," ujar Wenger menambahkan.

Sebagai juara Liga Champions musim lalu, Barcelona memang telah membawa gada untuk menaklukkan kedigdayaan salah satu tim raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal. Tetapi bukan tidak mungkin Arsenal telah menyiapkan meriam-meriamnya untuk menghadang penyerang-menyerang Barcelona.

Bek tengah Arsenal, per Mertesacker pun mendorong rekan-rekannya dalam tim agar membuat lebih kokoh benteng pertahanan untuk meredam gempuran penyerang lawan.

"Secara keseluruhan kami kalah dalam beberapa hal, untuk itu kami harus mampu menutup kekurangan dengan cepat dalam tiga hari persiapan menghadapi mereka," kata pemain nasional Jerman itu.

Barca yang di bawah asuhan pelatih Luis Enrique selalu mampu memanfaatkan ketajaman trio MSN, dalam pertandingan nanti hanya mengistirahatkan Gerard Pique, sedangkan Sergio Busquets dinyatakan siap merumput di London Utara setelah menjalani suspensi.

Luis Enrique pun mengatakan, "Di atas kertas, pertandingan ini bakal berlangsung sangat menarik jika anda memang suka dengan sepak bola. Arsenal dikenal sebagai tim yang mampu tampil baik, kuat dalam transisi, dan dihuni oleh pemain depan yang andal."

"Mereka juga mampu menekan lawan terus-menerus. Meskipun saya berharap kami mampu menguasai permainan dengan penguasaan bola. Kami berharap dapat menuai hasil positif dengan skema ini," ujarnya

Prakiraan susunan pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Cech (penjaga gawang), Monreal, Koscielny, Mertesacker, Bellerin, Sanchez, Ramsey, Coquelin, Oezil, Chamberlain, Giroud
Pemain cadangan:
Ospina, Chambers, Gibbs, Flamini, Walcott, Campbell, Welbeck

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen (penjaga gawang), Alba, Pique, Mascherano, Alves, Iniesta, Busquets, Rakitic, Neymar, Suarez, Messi
Pemain cadangan:
Bravo, Mathieu, Bartra, Roberto, Vidal, Munir, Sandro


Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Arsenal 1 - 3 Barcelona (16 persen)
* Arsenal 0 - 0 Barcelona (11 persen)
* Arsenal 0 - 4 Barcelona (8 persen)

Karena saya pendukung Arsenal maka saya memprediksikan:
* Arsenal: 3
* Barcelona: 1

INI EMIRATES BUNG!!!

Post a Comment

Powered by Blogger.