{facebook#https://www.facebook.com/tjari.tjari.102} {twitter#https://twitter.com/tjaritjariID} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Ilustration, Photo by: www.digilabspro.com

Di era digitalisasi industri kreatif semakin berkembang pesat, bahkan internet menjadi konsumsi sehari-hari penggunanya. Tak mengenal tempat dan waktu, persaingan di industri ini semakin terbuka luas, juga dengan kesempatannya.

Jika Anda seorang kretif sosial profesional, maka wadah dalam menyalurkan hasil karya Anda sangat diperlukan. Sebabk hasil karya seorang kretif profesional baru akan bermanfaat dan dilirik jika bisa dilihat masyarakat umum. Untuk itu, sebuah galeri menjadi penting bagi Anda.

Namun, seorang kreatif sosial profesional kadang terbentur oleh keterbatasan modal, padahal ia memiliki talenta yang sangat besar. Nah, bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal tidak perlu khawatir, sebab dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi Anda bisa membuat dan memamerkan hasil karya Anda di dalam galeri Anda sendiri dalam bentuk porto folio online.

Jika ada pertanyaan terkait di mana tempat yang cocok untuk menjadi wadah hasil kreatif, berikut ulasan pendek tentang media komunitas yang menyediakan wadah portofolio online bagi para kreatif profesional sejati.

Dribbble

Dribbble merupakan platform Jejaring Portfolio d imana para desainer berbagi yang dinamakan 'shots', shots adalah screenshot dari desain atau aplikasi yang sedang mereka buat. Segala jenis hasil karya kreatif dapat ditampilkan di sini. Dribbble didesain untuk menampilkan, menyampaikan, mempromosikan, dan menjelajah berbagai tipe desain.

Tampilan antarmuka Dribbble cukup nyaman dan sederhana. Tampak kotak Shots dengan tampilan icon berapa banyak desain telah dilihat, dikomentari dan disuka. Saat mouse mengarah ke kotak shot, akan ditampilkan deskripsi singkat dan kapan desain tersebut mulai dipublikasikan. Klik pada shot akan membuka detail dari gambar desain. Di Dribbble, user juga dapat membuat 'buckets', atau mengelola daftar shot. Selain itu, user juga dapat mengurutkan shot berdasar popularitas, tanggal publikasi, warna dan jenis proyek (berbagai shot dalam satu proyek).

Dribbble memiliki fitur "Find Designers" dimana kita dapat mencari para desainer berdasar kemampuan dan lokasinya. Anggota Dribbble yang memposting desain disebut "Players" dan anggota baru disebut "Rookies". Anggota baru dapat mendaftar sebagai "Prospects", yang harus direkrut oleh Player untuk menjadi Rookie. Dribbble menawarkan lowongan kerja bagi para desainer untuk mencari kerja.

Dribbble adalah platform yang sedang berkembang dan menjanjikan banyak hal. Tehnik bermain atau memposting shot cukup menarik dan juga bermanfaat untuk menilai kualitas dari komunitas Dribbble. Dribbble adalah tempat yang menyenangkan bagi para desainer untuk berinteraksi dan saling mengenal satu dengan yang lain, juga untuk mendapat pengakuan dan kemungkinan mendapat pekerjaan.

Coroflot

Coroflot menyatakan sebagai yang terbesar, termapan, dan yang memiliki member profesional paling beragam di dunia. Coroflot memiliki sistem yang terbuka, tidak mewajibkan keanggotaan, proses pendaftaran, atau undangan. Coroflot memberikan anda sebuah wadah untuk memasang gambar dan video, berbagi perangkat/tools, papan kerja dan gallery untuk member utama. Namun kebutuhan untuk mempresentasikan konten portfolio tampaknya tidak ada, selain tidak memiliki perangkat untuk mengkustomisasi desain portfolio anda, juga hal-hal tampak tidak tersambung dan kompak.

Namun papan kerja/job board milik Coroflot berjalan sangat bagus, desainer dapat menghubungi pemberi kerja dan pemberi kerja dapat menghubungi desainer. Grup utama Coroflot dan galeri anggota dapat menampilkan anggota yang terpopuler dan teraktif di jejaring Coroflot. Secara menyeluruh, Coroflot memiliki perangkat yang bagus yang berjalan dengan fungsi yang sederhana dan memudahkan. Proses mendaftar hampir tidak ada, dan websitenya memiliki jumlah desainer dan pemberi kerja yang sangat besar dimana mereka saling berkomunikasi. Sayangnya, bagi para desainer tidak disediakan perangkat untuk mereka yang ingin merancang tampilan portfolio dengan lebih bagus.

Behance

Behance adalah jejaring portfolio dengan platform memperkenalkan talenta dan skill untuk mendapat kesempatan. Behance berkembang dengan cepat, dan memikat dengan total jutaan klik halaman per bulannya. Behance juga memiliki kekuatan jaringan untuk sekolah unggulan dan organisasi seperti Adweek, LinkedIn, AIGA, RISD dan banyak lagi.

Behance mengijinkan user untuk menjelajan berbagai jenis seni dan desain di bagian "explore". Anda dapat mem-filter kategori yang anda inginkan untuk melihat dengan lebih mudah, dan membawa anda menuju presentasi dan halaman-halaman proyek yang indah. Disini anda dapat meninggalkan komentar, berbagi, dan melihat portfolio masing-masing artis/seniman. Dibalik itu, Behance juga memiliki perangkat untuk komunitasnya diantaranya activity feed, groupds, performance statistics, curated collections (seperti Dribbble bucket), dan bahkan curated, branded site (seperti "Illustration, Served" website ini menampilkan jejaring terbaik dari Behance untuk audien yang lebih luas di web).

Behance menghubungkan seniman untuk memperoleh berbagai kesempatan memperoleh proyek, banyak pemberi kerja mencari talenta terbaik di berbagai kategori. Web ini juga memiliki job board. Behance memiliki kompetisi rutin dari pemberi kerja seperti AOL, Nike. Behance tampil dengan cantik. Menu yang ditampilkan-pun tampak menarik, website yang terlihat kompak dan mudah dimengerti alurnya serta memiliki  perangkat yang efektif.

Selain menyediakan jaringan online portfolio gratis, Behance menawarkan versi berbayar, hosting portfolio komersil yang disebut ProSite seharga $11/bulan. ProSite memiliki merk tersendiri, memasang portfolio yang diambil dari portfolio anda di Behance dan memiliki fitur untuk mengkustomisasi portfolio secara mendalam, tanpa perlu menggunakan program HTML.

Secara menyeluruh, Behance merupakan bisnis jejaring portfolio yang sangat lengkap dan canggih. Dengan presentasi yang indah, fungsi yang komplit, pemberi kerja dengan reputasi tinggi, dan memiliki profesional tool seperti Prosite. Behance memimpin dalam menghubungkan talent serta kesempatan.

Carbonmade

Carbonmade adalah alat membangun portfolio online dengan personalisasi. Berfokus pada kesederhanaan dan desain yang indah untuk membuat proses pembuatan portfolio online anda selain mudah, efisien juga indah. Carbonmade memiliki grafis yang unik di keseluruhan website mereka yang membuat anda sebagai seorang kreatif merasa berada di rumah sendiri.

Carbonmade tidak memberikan fasilitas job board atau fitur komunitas, hanya mengkhususkan pada pembuatan portfolio online, yang menjadi hebat karena kesederhanaan dan fokusnya. Presentasi portfolio di Carbonmade sangat fokus dan minimalis, yang membuat tampilan beda dan menonjol di kancah kompetisi. Carbonmade menawarkan keunggulan pada kesederhanaan perangkatnya, dan ini berhasil, perangkat yang sangat mudah sangat menjual, terutama bagi para pemula yang ingin membuat portfolio awal mereka.

Carbonmade menawarkan paket gratis dan berbayar ($12/bulan), mencoba yang gratis cocok untuk mencoba website tersebut, tetapi versi berbayar memiliki semua pilihan dan fitur yang dapat digunakan untuk membuat portfolio yang baik, seperti kemampuan untuk menambahk hingga 50 proyek, 500 gambar, 10 video, penggunaan domain pribadi, dan akses ke staf layanan Carbonmade secara langsung.

Namun, ada sesuatu yang perlu dibahas mengenai harga dan rasio fitur yang ditawarkan Carbonmade, untuk alternatif lain seperti Behance Prosite memberikan fitur lebih lengkap dan media penyimpan lebih besar dengan harga yang sama.

Namun, ada sesuatu yang personal, artistik, dan kesederhanaan dari Carbonmade yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan harga yang harus dibayarkan.

Dan akhirnya, Carbonmade menawarkan hal yang sederhana, unik, alat untuk membuat portfolio yang indah dan tentunya memuaskan para pemula yang tidak memerlukan 'fitur yang berlebihan' yang disediakan website lain.

ViewBook

ViewBook adalah alat untuk membangun portfolio online dengan desain yang bersih dan manajemen gambar. Menawarkan pilihan berbayar untuk menampilkan gambar-gambar anda.

ViewBook dikhususkan untuk gambar statis, yang terpisah dari kompetisi serupa di bidang yang sama. Tampil di halaman depan, portfolio ViewBook sangat sederhana dan elegan, tetapi anda dapat mencapai level lebih tinggi dalam kustomisasai apabila anda menggunakan layout dan theme. ViewBook back end sangat cepat dan minimalis, serasa menggunakan applikasi dibanding menggunakan website, yang tentunya sangat mengasyikkan.

Viewbook menawarkan dukungan untuk Adobe Lightroom, Apple Aperture, Fotomoto, Tumblr, Twitter, Flickr, Google Analytics, Facebook, dan Wufoo form (yang merupakan layanan gratis dan premium untuk membuat form bagi para freelance). Paket harga Viewbook sangat rasional dibandingkan web lainnya, mulai dari $4/bulan untuk galeri tak terbatas, album, alat untuk membuat iPad portfolio, dan 1000 gambar. Untuk 5$/bulan anda dapat memasang satu halaman portfolio dan pilihan kustomisasi lebih mendalam, serta kemampuan untuk menghapus Viewbook logo dan juga 1.500 gambar. Viewbook paket $19/bulan merupakan pilihan para profesional yang dapat membuat portfolio website tak terbatas dengan album, teks, dan video, selain juga kustomisasi penuh, 5.000 gambar dan kemampuan untuk menggunakan nama domain pribadi.

Viewbook tampil berbeda dibanding kompetitornya dengan menawarkan tampilan produk lebih bersih, sederhana dibanding yang lain, serta menyediakan pilihan tempat penyimpanan gambar cukup besar bagi para freelance, dan juga dukungan terhadap aplikasi iPad untuk menampilkan portfolio anda secara offline dan personal.

Untuk Fotografer 

PhotoShelter

PhotoShelter adalah alat untuk membangun portfolio yang dikhususkan untuk para fotografer. Dengan fitur pilihan kustomisasi yang cukup banyak termasuk white label branding, custom domain name, CSS / HTML editing, Wordpress intergration, dan masih banyak lagi. PhotoShelter memiliki sistem built-in shopping cart yang membayar anda secara langsung dan memungkinkan anda untuk memenuhi pesanan sesuai selera. Anda dapat menjual foto dengan lisensi right-managed atau royalty-free dengan menggunakan 16 mata uang berbeda termasuk didalamnya kalkulator harga.

Photoshelter memiliki fitur marketing yang dapat membantu anda dapat ditemukan di web, seperti SEO dan analytics tools sebagai tambahan untuk menciptakan agensi virtual dengan para fotografer di Photoshelter. Photoshelter juga memiliki image management yang canggih, termasuk didalamnya distribusi file dengan FTP dan hak akses, proteksi password, private invitations, batch downloads, dan banyak lagi untuk membantu anda mengorganisir dan mengirimkan dengan tepat waktu. Dengan fitur yang dimilikinya, anda akan serasa menjadi fotografer pro dengan all in one solution.

Untuk Logo Designer 

LogoPond

LogoPond adalah alat gratis yang dikhususkan untuk para logo designer yang dapat digunakan untuk memasang desain logo mereka dan mendapatkan masukan dari komunitas. User dapat meminta kritik, komentar dan menggunakan forum untuk berkomunikasi. Logopond tampil menyenangkan, tetapi tidak memiliki fitur cukup banyak dan penuh dengan iklan, namun ini bukan masalah karena Logopond adalah website yang sedang berkembang.

Untuk Illustrator 

IllyPads

Illypads adalah alat gratis khusus untuk para ilustrator dari para penciptar di LogoPond yang dapat digunakan untuk menampilkan ilustrasi dengan portfolio dan halaman profil. Illypads sangat basic dan masih tampak kurang berseni, namun masih berkembang. Apabila anda mencari cara mudah dan gratis untuk menampilkan ilustrasi anda secara online, dan tidak mencari fitur-fitur yang terlalu banyak, Illypads menawarkan kesempatan untuk berkembang bersamanya.

Untuk DIYers

Indexhibit

Indehibit adalah DIY, layanan aplikasi untuk mendownload sendiri dan anda harus menginstall sendiri (butuh kemampuan teknis komputer). Indexhibit berfungsi sebagai framework untuk anda mengupload karya anda dan menempatkannya pada index. Secara mendasar Indexhibit menawarkan tutorial, help dan forum. Indexhibit memberikan beberapa contoh di websitenya seperti cara menampilkan koleksi perangko, mainan, kaleng cola, nota, dan pakaian, daftarnya akan terus bertambah. Secara keseluruhan Indexhibit adalah alat gratis untuk mengatur framework anda sendiri untuk portfolio atau proyek online lainnya.

Subfolio

Subfolio satu lagi DIY framework yang digunakan untuk mengatur dan mengkonfigurasi portfolio anda serta dapat digunakan di server anda sendiri. Fitur Subfolio mendukung theme, user dan group. Subfolio dapat menambahkan folder gambar, dokumen, video dan lainnya dalam satu tempat, secara umum anda hanya mengupload semua yang ingin dipasang di website anda ke dalam satu folder, dan Subfolio akan secara otomatis menciptakan hirarki halaman berdasar dari apa yang anda upload. Seperti Indexhibit, Subfolio juga dapat dikustomisasi dan diatur sendiri. Apabila anda mengetahui cara mengatur Framework anda di server anda sendiri, Subfolio adalah alat yang unik untuk membantu anda membangun portfolio online atau komunitas sesuai keinginan anda.

Untuk Pencari Kerja

Krop

Krop adalah agen lowongan kerja yang pertama dan paling baik untuk para talent kreatif. Banyak para perekrut besar mencari talent di Krop. Selain job board, Krop menawarkan portfolio online yang profesional degan biaya $9.99/bulan. Portfolio dapat dikustomisasi, dinamis, dan responsive, dengan pilihan kustomisasi yang canggih. Semua portfolio dapat diakses di Krop Creative Database, di bagian back end para perekrut yang dapat digunakan untuk mencari para talent kreatif dengan akurasi tinggi. Krop juga memiliki fitur yang dinamakan Pluck, yang menampilkan porfolio hasil pilihan manual dari para staf Krop. Apabila anda butuh pekerjaan, Krop merupakan alat yang hebat untuk mencari kerja.

SortFolio

SortFolio adalah alat untuk para perekrut untuk mencari talet desainer top. Anda dapat register dengan gratis, atau menjadi besar dengan membayar $99/bulan untuk memperoleh tampilan iklan lebih besar, hingga 6 gambar besar pada portfolio anda, penempatan diatas iklan gratis, dan merk (anda dapat memasang logo). Apabila anda seorang web designer mungkin biaya $99/bulan sangat masuk akal. Apabila anda hanya ingin memasang portfolio, anda dapat memilih paket gratis untuk mencoba memasang dan meng-upgrade di kemudian hari.

Dari berbagai pilihan alat untuk membangun portfolio diatas, anda dapat memilih mana yang paling cocok dengan bidang anda dan talent yang anda miliki. Silahkan segera daftarkan portfolio dan terhubung dengan dunia.

(referensi: http://www.visigraphic.com/)

Post a Comment

Powered by Blogger.